Eco Garden - Go Green Community Center KBP

Update : 07, Oct 2022 03:56

Kelahiran Komunitas Hayu Hejo (KHH) yang digagas oleh beberapa penghuni enam tahun lalu untuk mendukung gerakan keberlanjutan lingkungan hidup yang dimiliki Kota Baru Parahyangan (KBPa), sejauh ini memperoleh sambutan positif baik dari masyarakat dalam maupun luar.
Komitmen Komunitas Hayu Hejo dengan Kota Baru Parahyangan bagaikan jiwa dan raga yang selalu seiring berdampingan menghidupi semangat Hayu Hejo yang dimilikinya. Hal ini dituangkan dalam Memorandum Of Understanding tahun 2017 yang lalu. Dalam perjalanan mengajak warga untuk bergaya hidup sehat selaras dengan alam, telah banyak yang dilakukan mewarnai semaraknya aktivitas Kota Baru Parahyangan yang kita cintai.
Dan pada tanggal 5 Juni 2022 lalu Komunitas Hayu Hejo menggelar acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia sekaligus peresmiaan ECO GARDEN Komunitas Hayu Hejo Kota Baru Parahyangan oleh Bapak Ryan Brasali. ECO GARDEN hadir di Kota Baru Parahyangan sebagai bukti nyata adanya kebersediaan warga penghuni sebagai penggagas, perancang, pelaksana pembangunan sekaligus sebagai pengelola yang mana gagasan baik ini dapat terwujud berkat komitmen yang kuat antara KHH dan KBPa sebagai pengembang dalam gerakan Hayu Hejo.


Kehadirannya juga bukanlah sekedar tempat untuk berkebun atau taman yang indah semata, namun lebih dari itu sebagai pusat kegiatan Komunitas Hayu Hejo yang selama ini diimpikan. Sehingga dengan mudah mengajak warga penghuni untuk berkegiatan bersama.
Di bidang ketahanan pangan, Eco Garden memberikan manfaat untuk mengedukasi perihal kesehatan tentang jenis-jenis bahan makanan kaya gizi, kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan mentah dan bagaimana bahan tersebut dapat diolah menjadi berbagai produk. Termasuk perlakuan tanaman yang bebas pestisida.
Untuk itu, langkah strategis yang dilakukan KHH untuk dapat melibatkan warga berkegiatan di Eco Garden adalah dengan memberikan lahan berupa bedengan bagi semua kelompok berkebun dari masing-masing paguyuban tatar Kota Baru Parahyangan. Sehingga silaturahim diantara sesama warga penghuni dapat terjalin dengan baik dan guyub.
Semoga Eco Garden sebagai Pusat Kegiatan KHH ini dapat memberikan manfaat banyak dalam menularkan hal-hal yang baik untuk kesehatan dan lingkungan hidup sekitar kita serta sebagai wujud nyata turut berpartisipasi menyelamatkan bumi tempat tinggal kita satu-satunya.


Hayu Hejo...Bumi Hejo
Bumi Hejo...Bumi Sehat
Salam Hayu Hejo !


penulis :
Endy Rustandi